SOLUSI ZAKAT Kirim Bantuan ke Rumah-Rumah Terdampak Banjir dan Layanan Kesehatan di Pekalongan



30 Januari 2019


SOLUSI ZAKAT menyalurkan bantuan makanan siap saji dan memberikan layanan kesehatan dan pengobatan bagi  para pengungsi di Masjid Al Karomah Desa Tirto Kota  Pekalongan 30/1. Banjir yang melanda Kota Pekalongan sejak 26/1 hingga kini masih menyisakan genangan air di perumahan warga di Meduri, Tegal Dowo dan di  Jeruk Sari. 570 warga juga masih mengungsi di Masjid Al Karomah di Kelurahan Tirto (Kota) Pekalongan. SOLUSI ZAKAT menyalurkan ratusan makanan siap saji di posko pengungsian dan ke rumah-rumah warga yang menetap di rumah pada 29/1, sementara layanan kesehatan dan pengobatan dilakukan pada  30/1 di Desa Tirto Kecamatan Pekalongan Barat. 

 

Ketua RT 1 Desa Tirto, Ibu Ani (50) menyampaikan terimakasihnya kepada relawan SOLUSI ZAKAT. ”Rumah saya sudah seperti Puskesmas saja karena digunakan untuk layanan kesehatan dan pengobatan. Kondisi banjir yang masih menggenang, warga jadi tidak bisa memeriksakan diri, walau dekat dengan Puskesmas, mereka lebih senang layanan kesehatan keliling seperti ini mas, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih banyak mas,” ungkap Ani kepada relawan SOLUSI ZAKAT.

 

Kordinator SOLUSI ZAKAT, Nurdin menyampaikan layanan kesehatan dan pengobatan keliling sangat dibutuhkan para pengungsi. ”Layanan kesehatan dan pengobatan di Desa Tirto dikunjungi 92 pasien, kebanyak yang dikeluhkan berupa gatal-gatal, diare, pusing dan hipertensi. Pengungsi sudah ada yang kembali ke rumah masing-masing, tetapi masih ada juga yang menetap di posko-posko pengungsian, jadi kami bantu mereka yang ada di posko pengungsian dan juga ke rumah-rumah warga. Semoga banjir tidak datang lagi sehingga warga tidak perlu mengungsi dan menderita sakit ringan. Kami juga melakukan assesmen wilayah terdampak banjir untuk kami gunakan sebagai pertimbangan pengiriman bantuan pada tahap selanjutnya,” ungkap Nurdin kepada tim media SOLUSI ZAKAT.